Smartphone Photography

Sharing Motret Pake Hape (2)

PERSIAPAN

Teman2 yang baik,
Meskipun dalam rangkaian sharing motret pake hape ini obyek foto adalah as it, yang sudah tersedia, bukan yang khusus kita tata untuk difoto, kita tetap perlu persiapan.

Obyek AS IT atau yang sudah tersedia itu yang bagaimana?
Semua obyek yang kita nggak perlu menata tapi (bila perlu dan memungkinkan) masih bisa dirapikan. Misal pemandangan alam, human interest, makanan di resto, bunga2 di taman, dll, dsb. Jadi obyek2 sudah ada, misal makanan di resto kan sudah ditata pramusaji, paling kita bisa merapikan misal menyingkirkan tissue, membalik sendok terbuka, dsb.

Persiapannya apa saja?

1. Hape dengan memori cukup
Jangan sampai kita jeprat-jepret, eeeh pas mau nyimpen nggak bisa. Maka kalo mau bepergian yang kemungkinannya bakal foto2, ya dikosongkan atau paling nggak siapkan ruang yang cukup.

2. Batere hape full, bawa selalu power bank dan sukur2 charger yang colokannya sesuai untuk tiap negara
Malam sebelum tidur, biasakan charge hape dan power bank. Sehingga setiap pagi hape dan power bank punya kekuatan penuh.
Untuk power bank, diperhatikan kalo naik pesawat power bank harus dibawa ke kabin, tidak boleh disimpan di bagasi. Tiap2 negara punya aturan masing2, berapa kapasitas tiap power bank yang bisa dibawa. Biasanya berkisar 10.000 - 20.000 mAh dan maksimal biasanya hanya diperbolehkan bawa 2-3 power bank saja. Untuk amannya biar nggak dibuang petugas, saya biasanya hanya membawa 1 power bank dengan kapasitas 10.000 mAh. Pada kondisi penuh, power bank tsb dapat mengisi batere hape 3x.

3. Lensa kamera hape harus selalu bersih.
Untuk itu, wajib bagi yang suka motret pake hape sedia kain lap kacamata/lensa atau tissue yg lembut (supaya nggak gores lensa). Lap lensa kamera depan maupun belakang sehingga hasil foto jernih

4. Setting display brightness (tingkat terang tampilan hape) 90-100%

5. Setting layar kamera 3:4 atau 1:1
Kenapa kamera nggak disetel full screen (layar penuh)? Karena susah nanti kalo kita mau unggah ke media khususnya FB dan IG. Misal obyek foto gedung pencakar langit. Kalo kita setting full screen, gedung tersebut bisa masuk semuanya di foto. Tapi begitu kita mau upload ke IG, bingung deh...mau bawahnya, apa tengahnya atau atasnya yang diunggah? Kan jadi rusak fotonya. Maka kita setting 3:4 atau 1:1 untuk kontrol batasan obyek yang dalam frame kamera hape. Saya memilih 3:4 karena bisa lebih leluasa dan kalo diperlukan 1:1 tinggal crop saja.

6. Setting layar kamera dengan grid (garis2 panduan)
Pada beberapa hape, tersedia pilihan 3-12 grid. Saya menggunakan yang 3 grid, jadi ada 3 garis horizontal dan 3 garis vertikal pada layar.
Gunanya untuk apa? Sebagai panduan saat motret obyek yang menarik (POI/Point Of Interest) harus terletak pada garis2 atau bidang yang dibatasi garis2 tersebut sehingga foto kita bisa bercerita dan jelas apa yang mau difoto.

7. Download Aplikasi Editing
Meskipun sudah ada fitur untuk mengedit bawaan dari hape, kalo memori cukup tidak ada salahnya download 1 atau 2 aplikasi untuk editing. Banyak banget pilihan, jadi mana yang nyaman kita gunakan saja. Saya download 2 aplikasi editing namun yang sering saya gunakan hanya 1 yaitu Snapseed karena bagi saya sangat powerful. Yang 1 lagi Picsart hanya untuk cadangan iseng2 aja.
Memangnya foto harus selalu diedit pake aplikasi? Nggak juga. Foto di bawah ini sama sekali nggak saya edit.

Itu dulu persiapannya, besok saya lanjutkan lagi ya...
.
.
#smartphonephotography #motretpakehape #vincentiaanna #motretcantik #mompreneurberbagi

Youtube Channel Jalan Bareng Anna

OFFICIAL

HP : +62 82111 5335 88 (WA)
Email : Anna@vincentiaanna.com

 

Search