Smartphone Photography

Sharing Motret Pake Hape (3)

WATERMARK


Sebetulnya sesi sharing ke-3 ini saya pingin cerita2 soal komposisi dan angle, tapi beberapa teman minta didahulukan cerita watermark.
Karena saya yakin teman2 sudah punya banyak foto, ya saya OK-kan saja cerita watermark dulu.

Watermark atau tanda air adalah teks atau logo pada foto/gambar digital yang dapat berfungsi sebagai hak cipta, identitas dan sarana promosi.

Banyak sekali keuntungan yang didapat apabila kita membubuhkan watermark pada hasil jepretan kita, antara lain:
1. Sebagai personal/produk branding sehingga orang lain mudah mengenali karya kita
2. Nggak gampang diduplikasi/dibajak
3. Buat gaya2, pamer2, sombong2 dikit biar keren kayak fotografer profesional 😎😍

Hampir semua aplikasi editing yang ada fitur teks bisa digunakan untuk membuat watermark. Namun banyak juga aplikasi yang khusus untuk membuat watermark seperti TextArt, Fontasy, Phonto, Add Watermark on Photos, Photo Watermark, dll. Silakan kulik dan pilih yang menurut teman2 paling cocok, nyaman dan mudah dioperasikan.

Pada contoh hasil foto saya di bawah, watermark identitas 'Vincentia Anna' di pojok kanan bawah menggunakan Phonto dan tulisan 'Watermark?' menggunakan fitur teks dari Snapseed.

Yang perlu diperhatikan dan digarisbawahi dalam membuat watermark adalah harus cukup terlihat namun tidak boleh menonjol.
Dengan demikian ukuran, warna dan tata letak watermark harus sangat diperhatikan, jangan malah mengganggu dan merusak keindahan foto.

Jujur, karena saya sangat menyukai keindahan meskipun belum bagus motretnya, suka risih dan males kalo lihat watermark mengganggu keindahan foto. Ibarat kata ada foto keren banget, eh pas mau njempolin terganggu watermark, bisa bikin saya urung ngelike.

Maka watermark ukurannya kecil saja. Karena pakai Phonto, saya biasa menggunakan ukuran maksimal 23. Seringnya antara 18-20, pilihan warna hitam atau putih menyesuaikan foto dan disetting tidak solid (agak transparan) kecuali background rame, baru saya buat hitam/putih solid.
Watermark lazim diletakkan di pojok kanan/kiri bawah baik vertikal maupun horiontal, tapi karena jaman kekinian, kita bisa meletakkan di mana saja, mau dibuat melengkung, melingkar, dsb juga bisa, sepanjang memperhatikan aturan bahwa watermark sebagai identitas, bukan pertunjukan utama. Maka tidak boleh mengganggu dan merusak foto.

Semoga sharing tentang watermark ini bermanfaat.
Kalo ada pertanyaan, sila tulis di komen supaya teman2 lain bisa ikut ngobrol/diskusi juga.
Yang mau share hasil foto yg udah dikasih watermark juga boleh banget.

Selamat membubuhkan watermark!
.
.
#smartphonephotography #motretpakehape #vincentiaanna #motretcantik #mompreneurberbagi

Youtube Channel Jalan Bareng Anna

OFFICIAL

HP : +62 82111 5335 88 (WA)
Email : Anna@vincentiaanna.com

 

Search